Mengetahui Ragam Process Windows Melalui Task Manager

18/05/2011 at 19:53 | Posted in PC | Leave a comment
Tags: , , , ,

Tips kali ini akan membahas cara mengetahui process yang sedang berjalan dalam sistem Windows anda. Bagi yang belum tahu process apa yang dimaksud, adalah thread dari aplikasi yang sedang berjalan di atas layar maupun di belakang layar. Aplikasi yang berjalan di atas layar merupakan aplikasi yang anda jalankan secara manual sedangkan yang di belakang layar adalah aplikasi yang memang dibutuhkan oleh sistem operasi anda serta aplikasi driver dan aplikasi yang diatur untuk berjalan secara otomatis saat Windows dijalankan. Contoh dari aplikasi yang berjalan di atas layar/yang anda jalankan secara manual adalah game, aplikasi multimedia, pengolah kata, dsb. Untuk aplikasi yang berjalan di belakang layar adalah service dari Windows itu sendiri, driver dari komponen komputer anda, virus, dsb.

Mengapa kita perlu mengetahui process apa saja yang sedang dijalankan Windows? Karena kita dapat mengetahui service serta aplikasi mana yang harus dimatikan seandainya diperlukan (seperti untuk melakukan defrag dengan lancar atau bila terjadi crash pada Windows). Juga, kita bisa mengetahui dan melacak lokasi file induk virus bilamana Windows anda memang terinfeksi oleh virus (indikasi awal biasanya berupa pelarangan menjalankan Task Manager itu sendiri).

Lanjut ke tips kali ini, setiap aplikasi yang terinstal serta yang dijalankan memiliki sebuah process yang memang dibutuhkan agar aplikasi tersebut dapat berjalan lancar. Untuk mengetahui hal ini, Microsoft telah menyediakan sebuah tool bawaan Windows: Task Manager. Jalankan Task Manager dengan mengkombinasikan [CTRL] + [ALT] + [DEL] atau [CTRL] + [SHIFT] + [ESC]. Cara mengetahui suatu process yang dibutuhkan oleh aplikasi tertentu:

    1. Jalankan Task Manager

    1. Klik pada tab “Process”

Apabila belum pernah dilakukan penyesuaian tersendiri, tab ini hanya akan memunculkan daftar process yang berjalan sesuai dengan akun pengguna yang sedang digunakan. Agar bisa mengetahui daftar process keseluruhan, klik pada bagian “Show processes from all users” untuk memberikan tanda centang (v). Bila diminta, masukkan password administrator komputer tersebut atau klik [OK] untuk mengkonfirmasikan Windows bahwa anda memiliki hak Administrator.

    1. Untuk menambahkan kolom informasi process lainnya, klik “View” lalu “Select Columns…”

Berikan tanda centang pada daftar kolom yang tersedia yang sesuai dengan keinginan anda. Klik [OK] untuk mengakhiri.

    1. Klik kanan pada salah satu process yang ada lalu pilih “Properties”

Pada jendela properties yang muncul, kita bisa mengetahui informasi umum seperti lokasi file executable tersebut serta ukuran file.

Klik pada tab “Details” untuk melihat digital signature (keterangan menyeluruh) aplikasi tersebut; seperti deskripsi dari aplikasi tersebut, jenis file, versi, dsb.

Dari tab inilah kita bisa tahu keabsahan process dari file yang dimaksud. Apabila file tersebut virus, biasanya, tidak akan ada keterangan menyeluruh atau hanya akan berisikan informasi bahwa file tersebut merupakan Microsoft Visual Basic pada bagian deskripsinya. Tutup jendela ini lalu klik kanan kembali pada process yang dimaksud dan pilih “End process” dan lakukan langkah disinfeksi yang sesuai. Perlu diketahui, “End process tree” dapat menyebabkan sistem menjadi tidak stabil karena turut mematikan process lain maupun service Windows yang mutlak dibutuhkan Visual Basic itu sendiri.

    1. Terakhir, untuk mengetahui service yang turut diaktifkan oleh suatu process, klik kanan pada salah satu process yang ada lalu pilih “Go to Service(s)”

Service yang turut dijalankan akan nampak tersorot pada tab “Services”. Bila tidak ada yang tersorot, berarti process tersebut tidak membutuhkan service dari Windows sehingga tidak ada service yang dijalankan. Langkah ini juga berlaku sebaliknya, kita dapat mengetahui process yang dijalankan oleh suatu service dengan cara yang sama (melalui tab “Services”).

Demikian tips kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu Windows anda!

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: