Selamat Tahun Baru 2011!

09/01/2011 at 10:24 | Posted in PC | Leave a comment
Tags: , , , , , ,

POST UPDATED on Wed Mar 9, 19:15 (UTC+7)!

Horee!! Tahun baru sudah tiba! Semoga peruntungan kita semua lebih baik lagi daripada tahun sebelumnya & semua yang dicita-citakan dapat tercapai di tahun ini. Juga, semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi sehingga bisa menghargai segala bentuk perbedaan demi kehidupan yang harmonis.

Di awal tahun ini, penulis akan mengangkat tema yang umum terjadi di awal tahun: sistem baru. Sistem yang penulis maksud bisa berarti komputer baru maupun sistem (komputer) yang baru. Lebih spesifik lagi, penulis mengangkat tema aplikasi gratisan untuk menunjang penggunaan komputer seutuhnya. Aplikasi-aplikasi disini dapat digunakan sebagai ganti aplikasi berbayar & dapat digunakan semua dalam sebuah sistem berbasiskan Windows (beberapa bahkan dapat berjalan pada sistem berbasiskan Linux). Inilah hasil ramuan aplikasi gratisan penulis untuk pembaca yang baru saja membeli komputer baru maupun yang baru selesai instalasi Windows:

Untuk download keseluruhan aplikasi pada tulisan ini, silahkan klik: Bagian I lalu Bagian II. File dalam bentuk (pecahan) kompresi RAR berukuran total 308 MB.

CATATAN: Beberapa aplikasi sudah memiliki update terbaru. Silahkan di-update, tetapi, aplikasi tercantum pada tulisan ini hanyalah aplikasi dengan versi yang sudah penulis coba berjalan stabil & tidak memberatkan sistem komputer berbasiskan Pentium III/Celeron/AMD K7. Sedangkan untuk versi yang ter-update, beberapa aplikasi terasa berat bahkan menimbulkan crash (khususnya untuk sistem komputer berbasiskan Pentium III/Celeron/AMD K7). Uji coba dilakukan di sistem operasi Windows 7 Ultimate RC (build 7100), Windows 7 Professional (build 7600) & Windows XP Home Edition SP2 (build 2600). Tidak semua aplikasi yang tercantum berupa installer, ada yang berupa portable (tanpa instalasi tetapi beberapa plug-in/fitur tidak disertakan) dan ada yang berupa stand-alone (tanpa instalasi serta dapat dijalankan dengan semua plug-in/fiturnya).

Pada bagian Antivirus, Panda & RAV adalah antivirus. Panda merupakan cloud-antivirus dan RAV merupakan antivirus stand-alone. Sedangkan USB Defender lebih cenderung memiliki fungsionalitas “antivirus” untuk drive/port USB.

Berlanjut ke bagian Compression Tool, 7Zip dapat melakukan kompresi-ekstraksi & Splitter hanyalah aplikasi untuk melakukan pemecahan file besar menjadi beberapa file kecil (berguna bagi pembaca yang masih menggunakan disket ataupun flashdisk berukuran < 256 MB.

Di bagian Image Editor, berisikan aplikasi yang dapat digunakan sebagai aplikasi penampil gambar dan pengolah gambar.

Setelahnya, Internet Browser, berisikan beberapa browser portable yang sudah penulis setting sedemikian rupa demi keamanan & kenyamanan ketika beraktivitas di dunia maya.

Lalu, ke bagian Miscellaneous, sesuai urutan, berisikan beberapa aplikasi yang berfungsi sebagai pembaca file PDF, pembuat subtitle film, aplikasi menggambar & mewarnai untuk anak, program klien Bit Torrent, dan messenger dari Yahoo!.

Pada bagian Multimedia, berisikan aplikasi pemutar file audio serta video. Ketika dicobakan, aplikasi-aplikasi pemutar ini dapat memainkan semua jenis file multimedia populer saat ini dan tidak memerlukan codec tambahan.

Di bagian Office Suites, berisikan aplikasi pengolah kata berbasiskan Wordpad milik Microsoft serta kumpulan aplikasi kantoran dari Sun Microsystems: OpenOffice. Kumpulan aplikasi kantoran gratis dari Sun Microsystems ini dapat digunakan sebagai pengganti kumpulan aplikasi kantoran sejenis yang berbayar dari Microsoft. Atau, bila anda tertarik dengan kumpulan aplikasi kantoran gratis IBM Lotus Symphony buatan IBM seperti pada tahun 80-an, silahkan download melalui web resminya disini atau melalui halaman depan.

Selanjutnya, bagian Translator berisikan aplikasi kamus. Namun, karena pertimbangan sebagai bahasa asing yang masih banyak digunakan di dunia hingga kini, penulis hanya mencantumkan aplikasi penerjemah Indonesia ke Inggris/Inggris ke Indonesia. Untuk memberikan donasi atau kontribusi kepada pembuat software, silahkan hubungi Ebta Setiawan. Namun, apabila membutuhkan kamus Indonesia ke Inggris/Inggris ke Indonesia versi online, silahkan klik disini.

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya, adalah bagian Utilities. Sesuai urutan, isinya merupakan aplikasi-aplikasi yang memiliki kegunaan sebagai: drive CD/DVD virtual seperti Daemon atau Alcohol 100% serta sebagai pembuat ISO CD/DVD dan pembakar file ISO, aplkasi-aplikasi penangkal program jahat yang mengeksploitasi fitur “autoplay” milik Windows (sebaiknya digunakan secara bersamaan), pembuat partisi pada harddisk maupun flashdisk berkapasitas > 2 GB, penghapus alternatif program-program yang sudah ter-install di dalam komputer sebagai pengganti uninstaller bawaan program tersebut serta uninstaller milik Windows (Add/Remove Programs), aplikasi kecil buatan Microsoft untuk mngubah setting/tweaking Windows XP, dan pembuka-penutup pelindung kernel Windows XP (Gunakan dengan hati-hati! Segala resiko ditanggung sendiri!).

Demikian tulisan pertama penulis di tahun 2011 ini. Semoga aplikasi-aplikasi gratisan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan anda pun tidak perlu khawatir akan pelanggaran hak cipta atas penggunaan software yang tercantum disini pada komputer anda. Selamat menikmati!

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: