Tips Seputar Aktivitas Mengunduh (Download)

18/06/2009 at 23:53 | Posted in PC | Leave a comment
Tags: , , ,

Baik itu dengan sengaja atau tidak mengetahui, semua orang yang terhubung dengan internet, lekat dengan aktivitas download-men-download. Kategori sengaja adalah mereka yang memang gemar men-download konten-konten tertentu melalui internet. Sedangkan kategori tidak mengetahui adalah mereka yang hanya tahu sedang terhubung internet tapi tidak menyadari aktivitasnya tersebut sebenarnya adalah meminta informasi; dalam hal ini, dapat dikategorikan koneksi download.

Tips ini akan membahas seputar aktivitas download yang cermat. Mohon perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Tanyakan perihal koneksi internet anda pada ISP (Internet Service Provider/Penyedia Jasa Internet); seperti kecepatan dan jenis koneksi. Kecepatan koneksi adalah hal terpenting dari aktivitas ini. Lalu, jenis koneksi memegang peranan yang sama pentingnya dengan kecepatan. Koneksi jenis Dial-up adalah teknologi lama yang (entah kenapa) masih laris manis di Indonesia. Teknologi yang lebih baru dari dial-up adalah Direct Service Line (DSL). Untuk pengguna jenis dial-up, penulis sarankan ganti dengan jenis DSL. Karena, kecepatan dan kenyamanan berinternet dan download anda akan lebih bagus. Bagi pengguna jenis koneksi kabel (cable) atau broadband, tanyakan pada ISP perihal ada-tidaknya layanan lain mereka yang lebih bagus dari yang sedang anda gunakan sekarang ini.

  • Pahami kecepatan koneksi anda. Pada teorinya, kecepatan koneksi menandakan jumlah data yang dapat ditransfer per detiknya. Ukuran kecepatan dilambangkan dengan istilah Kilobits per second (Kbps) atau Megabits per second (Mbps). Kecepatan koneksi pada jenis dial-up adalah 56 Kbps, sedangkan DSL adalah 20 Mbps. Untuk jenis kabel/broadband, bisa mencapai 500 Mbps. Ingat, kecepatan 500 Mbps baru bisa dinikmati di suatu wilayah di Inggris Raya. ISP anda akan bisa menjelaskan hal ini lebih gamblang kepada anda.

  • Komputer anda juga patut diperhatikan. Ketika hendak men-download, pastikan tidak ada program lain yang berjalan baik itu di atas layar maupun di belakang layar. Hal ini dimaksudkan supaya SDK (Sumber Daya Komputer) anda tidak terkuras oleh program-program lain yang mungkin saja dapat mengganggu aktivitas internet serta download anda.

  • Agar tidak terlalu membuang bandwidth, prioritaskan daftar download anda. Download terlebih dahulu file yang memang lebih penting daripada lainnya. Lakukan download daftar anda satu-persatu. Semakin banyak antrian download yang anda lakukan, kecepatan download per file-nya akan menurun. Hal ini dapat menyebabkan download anda menjadi lebih lama.

  • Apabila file yang hendak di-download adalah file umum, download-lah di lain kesempatan. Permintaan download akan suatu file diatur oleh server tempat dimana file tersebut tersimpan. Ibaratnya, server akan menempatkan anda pada urutan tunggu yang sesuai. Bayangkan apabila anda mendapat nomor antrian 877 dari total 1000 nomor?!.. hehe..

  • Terakhir, apabila memungkinkan, gunakan aplikasi download pihak ketiga seperti Download Accelerator Plus, Internet Download Manager, Flash Get, dll.. yang sudah diintegrasikan dengan browser andalan anda. Aplikasi pihak ketiga ini akan bermanfaat bagi download-an anda; karena, tidak hanya akan meningkatkan kecepatan download dari biasanya, aplikasi ini memungkinkan anda untuk mem-pause lalu me-resume download di kemudian hari. Selain itu, aplikasi ini dapat melanjutkan download yang terganggu karena koneksi putus.

Demikian tips dari penulis, semoga bermanfaat! Selamat men-download!

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: