Fitur Windows 7 Untuk Windows XP

10/03/2009 at 03:21 | Posted in PC | 1 Comment
Tags: , , , , , , , ,


Catatan : aplikasi pihak ketiga tercantum dalam artikel ini membutuhkan .Net (baca = dot net) framework 2.0 untuk berjalan pada Windows XP anda serta Aero Peek mewajibkan Windows XP anda sudah terinstal .Net framework 3.5 SP1 sebelumnya. Aplikasi-aplikasi pihak ketiga ini bukanlah aplikasi resmi rilisan Microsoft. Apabila terjadi kerusakan pada sistem anda, penulis dan sumber artikel tidak dapat dimintakan pertanggung jawaban dalam bentuk apapun. Resiko tanggung sendiri ya! he..

Windows 7 Beta build 7000 sudah dirilis Microsoft secara resmi melalui situs mereka dan per Januari 2009 bisa di-download serta digunakan dengan gratis oleh siapapun, tapi pemakaiannya hanya sampai Agustus 2009.

Penulis sudah merasakan keindahan Windows 7. Dan, menurut penulis, Windows 7 adalah Windows tercantik. Tampilan visual Windows 7 tidak seberat Windows Vista dan dapat berjalan, pada komputer tua penulis yang hanya memenuhi minimum requirements dari Microsoft, dengan ringan selayaknya Windows XP. Meskipun terdapat banyak cacat (menurut pencarian penulis pada forum-forum online dengan kata kunci: Windows 7, Win7) pada OS terbaru keluaran Microsoft ini, tapi fitur terbaru yang diusungnya dapat membuat orang berdecak kagum.

Hebatnya, ternyata, fitur-fitur terbaru Windows 7 tersebut dapat juga berjalan pada Windows XP dengan bantuan beberapa aplikasi gratisan pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga ini hanya memakan sedikit memory, jadi, seharusnya, tidaklah terlalu memberatkan sistem pada komputer dengan memory jenis DDR-SDRAM PC-3200 berkapasitas 1GB.

Aplikasi-aplikasi ini bisa di-download melalui situs berikut secara cuma-cuma atau dari link yang penulis buat melalui Ziddu.

Beberapa fitur Windows 7 (yang dimaksud penulis) yang dapat membuat orang berdecak kagum adalah Aero Shake, Aero Peek, dan Aero Snap. Penulis juga mencantumkan dan sedikit membahas fitur lain Windows 7 yang sudah dikenalkan oleh Microsoft sebelumnya melalui Windows Vista. Mari kita mulai saja membahas fitur-fitur tersebut:

  • Aero Shake : fitur Windows 7 untuk me-minimize jendela yang tidak aktif dengan cara menggoyang-goyangkan jendela yang aktif, cara yang sama juga digunakan untuk me-restore jendela yang di-minimize tadi
  • Aero Peek : fitur Windows 7 untuk menampilkan desktop tanpa me-minimize jendela. Anda hanya perlu mengarahkan kursor ke ikon program yang terletak di System Tray dan tunggu hingga desktop anda ditampilkan dengan sendirinya
  • Aero Snap : fitur Windows 7 untuk me-maximize jendela tanpa mengklik ikon “Maximize” maupun double klik pada title bar. Caranya adalah cukup dengan klik-tahan title bar jendela yang ingin di-maximize lalu menyeretnya ke sisi atas desktop. Jendela yang anda pilih akan langsung ditampilkan dengan ukuran full screen
  • Windows Aero : fitur Windows Vista & 7 untuk berpindah jendela dalam tampilan 3D. Caranya adalah dengan menekan-tahan tombol [WINDOWS] + [TAB] untuk memilih jendela pada keyboard anda.
  • Windows Vista Sidebar : berawal dari fitur bawaan Windows Vista. Sebuah toolbar dengan grafis Aero (kaca) untuk menyimpan-menampilkan widget

Bahkan, anda dapat mengubah tampilan visual/GUI Windows XP anda menjadi Windows Vista/7 secara total tanpa perlu menggunakan customization pack dengan mengikuti tips dari situs Ask Vishal. Klik disini untuk mengetahui langkah-langkahnya. O iya, menurut situs Ask Vishal, anda akan menggunakan aplikasi tambahan lainnya seperti Resource Hacker.. Jangan khawatir, situs Ask Vishal akan membahas cara merubah + cara menggunakan aplikasi tambahan yang dibutuhkan.

Selamat mencoba & menggunakan fitur Windows Vista/7 pada Windows XP anda!

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. waw! kueren buangett..!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: